Bupati Pemalang Mansur Hidayat Pimpin Upacara Otda ke-28 Tahun 2024

Bagikan :

PEMALANG – Bupati Pemalang Mansur Hidayat hari ini memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 tahun 2024 di Halaman Pendopo Kabupaten. Upacara diikuti Forkopimda dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Pemalang Kamis (25/4/2024).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dalam isi sambutannya yang dibacakan Bupati Pemalang menyampaikan, peringatan Hari Otonomi Daerah yang sudah berlangsung selama seperempat abad ini menjadi momentum yang tepat untuk memaknai kembali arti filosofi dan tujuan otonomi daerah.

Dikatakanya, Otonomi daerah merupakan hak, wewenang serta kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem NKRI sebagaimana diatur dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah dengan filosofi Otda yang dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945.

Berbagai prinsip dasar inilah, Otda dirancang untuk mencapai suatu tujuan utama, termasuk tujuan kesejahteraan dan demokrasi. Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif dan efisien.

Tema peringatan Hari Otda ke-28 Tahun 2024 adalah ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’. 

Dapatkan update berita dan informasi terbaru setiap hari dari Pemerintah Kabupaten Pemalang. Mari bergabung di Channel Telegram "Pemerintah Kabupaten Pemalang", caranya klik link https://t.me/pemkabpemalang, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sebelumnya

Selanjutnya


Berita Terkait