Laksanakan KKN di Pemalang, Mahasiswa Diharapkan Ikut Bantu Atasi ATS

Bagikan :

PEMALANG – Sebanyak 266 mahasiswa Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) dari berbagai prodi melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pemalang terhitung mulai tanggal 21 Juli 2023, kedatangan mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah setempat dalam membantu mengatasi Anak Tidak Sekolah (ATS) dan stunting melalui berbagai pendekatan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat melalui Kepala Bappeda Sujarwo saat menerima mahasiswa KKN di Kantor Kecamatan Watukumpul, Sabtu (22/7/2023).

“Mahasiswa diharapkan dapat membantu pemerintah untuk membantu mengatasi ATS dan stunting melalui berbagai pendekatan,” ucap Sujarwo.

Menurutnya, kedatangan mahasiswa juga pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berbelanja kebutuhan selama mahasiswa di lokasi KKN, selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikan ilmunya di tengah kehidupan masyarakat.

Salah satu contoh yg bisa diaplikasikan adalah mengembangkan desa digital, Teknologi digital yang sekarang sudah demikian maju juga dapat digunakan untuk membantu pemasaran tepung mocaf produk desa Majalangu Kecamatan Watukumpul misalnya.

“Peran serta lainnya adalah dalam mengatasi anak putus sekolah dan kasus stunting yg cukup tinggi di dua kecamatan tempat KKN,” sambung Sujarwo.

Oleh karena itu menurut Sujarwo salah satu penyebab rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Pemalang adalah karena tingginya angka ATS sehingga mahasiswa diharapkan dapat membantu pemerintah untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Sebanyak 266 mahasiswa UMP yang melaksanakan KKN di Pemalang tersebut akan disebar di dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Belik dan Kecamatan Watukumpul.

Adapun jumlah total mahasiswa yang melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Pemalang sebanyak 3.680 mahasiswa yang terdiri dari berbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta diantaranya yakni UIN Pekalongan, UIN Purwokerto, UMP, UNDIP, UNNES, ITS NU, UPS Tegal, Universitas NU Purwokerto, STIE Muhamadiyah Cilacap, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan ITB Adias Pemalang.

Dapatkan update berita dan informasi terbaru setiap hari dari Pemerintah Kabupaten Pemalang. Mari bergabung di Channel Telegram "Pemerintah Kabupaten Pemalang", caranya klik link https://t.me/pemkabpemalang, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sebelumnya

Selanjutnya


Berita Terkait